aturan tingkat kegelapan kaca film

 

Kaca mobil tentu memerlukan sebuah aksesoris penting yaitu lapisan kaca film yang memiliki peran begitu signifikan terhadap performa kendaraan. Namun tahukah Anda bahwa terdapat aturan tingkat kegelapan kaca film pada mobil?

Fungsi kaca film sangatlah beragam, mulai dari sebagai pengaman ketika kaca mobil pecah, sebagai pereduksi panas matahari yang masuk ke dalam kabin mobil, selain itu kaca film juga dapat menjaga privasi pengendara di dalam mobil.

Kaca film tentunya juga memiliki berbagai tingkat kegelapan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan baik kaca film yang berwarna gelap dan transparan atau yang memang gelap pekat.

Sebagai konsumen tentu Anda tidak boleh memilih tingkat kegelapan kaca film secara sembarangan, penting bagi Anda untuk memperhatikan aturan tingkat kegelapan kaca film mobil agar kenyamanan ketika berkendara dapat tetap terjaga.

Untuk membantu Anda agar tidak salah memasang tingkat kegelapan kaca film mobil, kali ini kami akan memberikan beberapa aturan tingkat kegelapan kaca film mobil yang benar dan perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya :

Tingkat kegelapan untuk kaca depan 20 persen

Bagi Anda yang ingin mengganti kaca film mobil bagian depan yang mungkin saja sudah mengalami kerusakan akibat usia pakai, Anda perlu memperhatikan level kegelapan kaca agar tidak lebih dari 20 hingga 30 persen. Hal ini tentu berkaitan dengan keselamatan berkendara agar jarak pandang Anda  (terkhusus ketika berkendara di dalam hari ) lebih mudah dan leluasa melihat ke arah depan, serta cahaya matahari tidak terlalu silau.

Tingkat kegelapan untuk kaca bagian kursi pertama tidak lebih dari 40 persen

Nah, Anda juga perlu memerhatikan pemilihan kaca film mobil untuk bagian samping baik sisi kiri maupun kanan pada bagian depan kursi pengemudi. Anda harus menggunakan tingkat kegelapan kaca film tidak lebih dari 40 persen. Hal tersebut tentu agar keamanan dalam berkendara tetap terjaga dimana Anda dapat melihat lebih jelas pengendara lain melalui kaca spion mobil ketika kaca pintu ditutup.

Tingkat kegelapan untuk kaca bagian kursi kedua 60 persen

Selanjutnya adalah tingkat kegelapan kaca film yang dipasang di bagian pintu penumpang baris kedua untuk mobil jenis MPV / SUV bisa memakai tingkat kegelapan kaca film lebih dari 40 persen, misalnya menggunakan kaca film dengan level gelap antara 60 persen atau 80 persen. Karena pada kaca pada posisi ini tidak mempengaruhi pandangan si pengemudi, melainkan penumpang. Terlalu gelap tentu kurang bagus bagi penumpang karena akan terganggu saat menikmati pemandangan di luar sana saat perjalanan dan harus menurunkan kaca.

Untuk kaca mobil baris ketiga bebas menggunakan kaca film dengan tingkat gelap berapapun

Jika mobil Anda ialah jenis mobil sedan Anda tidak akan menemukan kaca mobil baris ketiga ini, berbeda dengan jenis mobil MPV, untuk kaca mobil samping kiri dan kanan pada baris ketiga ini anda bisa menggunakan tingkat kegelapan kaca film berapapun, karna hal tersebut tidak berpengaruh pada aktivitas mengemudi si pengemudi.

Kaca film mobil bagian belakang usahakan tidak lebih dari 40 persen

Khusus untuk proses pemasangan kaca film yang ada di bagian belakang mobil ini gunakanlah tingkat kegelapan kaca film yang tak lebih dari 40 persen, atau dengan kata lain maksimal adalah menggunakan 40 persen kadar gelap. Jika Anda menggunakan kaca film yang terlalu gelap di bagian belakang makaAanda akan kesulitan saat melihat pengendara lain di belakang melalui kaca tengah saat berjakan mundur ( atret ), terutama untuk kondisi di malam hari.

Proses pemasangan kaca film dengan mengikuti aturan tingkat kegelapan kaca film tentu dapat menjaga keamanan dan kenyamanan Anda dalam berkendara selalu terjaga. Selain aturan tingkat kegelapan kaca film, kualitas kaca film juga perlu Anda perhatikan, penting bagi Anda untuk mengetahui tips memilih kaca film agar mendapatkan produk kaca film dengan kualitas mumpuni.

Nah, itulah beberapa penjabaran mengenai aturan tingkat kegelapan kaca film yang kami ulas secara singkat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

 

Disunting dari: Rizkia Apriyani – BeliOnderdilBlog

Go Back