cara merawat kaca film

 

Kaca film mungkin menjadi salah satu aksesoris pelengkap yang terbilang penting untuk mobil. Oleh karena itu, penanganannya pun tidak boleh sembarangan. Cara merawat kaca film mobil harus diperhatikan dengan seksama.

Fungsinya yang dapat meredam panas hingga menangkal sinar ultraviolet serta meningkatkan kenyamanan dalam kabin membuat pemilik mobil merasa harus memasang kaca film mobil. Tak heran jika jenis kaca film makin banyak dengan ragam keunggulannya masing-masing.

Harga kaca film juga cukup beragam, tergantung merk dan kelebihan yang ditawarkan. Apabila Anda sudah membeli kaca film dengan harga yang terbaik, maka ada baiknya pula untuk mengetahui cara merawat kaca film mobil anda agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa cara merawat kaca film mobil serta tips membersihkannya agar tidak sampai merusak.

Sediakan Lap Khusus Kaca Film Mobil

Untuk membersihkan dan cara merawat kaca film mobil anda, sediakan lap khusus untuk kaca film. Bedakan lap kaca mobil bagian luar dengan lap kaca mobil bagian dalam yang terdapat lapisan kaca film. Dengan demikian, anda juga akan mengurangi resiko kaca film tergores / baret karena lap yang dipakai bergantian. Selain itu, pilih pula kaca dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap cairan.

Jangan Biarkan Kaca Film Basah

Meski berada di bagian dalam mobil, kaca film sering kali terkena cairan. Baik saat mencuci mobil, atau saat hujan dan ada air yang merembes dari karet jendela. Selain itu, embun juga sering kali muncul saat terjadi perbedaan suhu yang cukup siginifikan antara bagian dalam mobil dengan bagian luar.

Jika terjadi hal seperti ini, jangan biarkan terlalu lama. Segera lap dan keringkan kaca film dari air atau embun yang ada. Jangan menunggu embun kering dengan sendirinya. Jika terlalu lama basah dan kemudian air kering dengan sendirinya, akan memicu tumbuhnya jamur pada kaca film mobil anda.

Hindari Penggunaan Pembersih Kimia

Ada banyak obat pembersih kaca film yang dijual di pasaran. Namun jika tidak terlalu penting, hindari menggunakna zat dengan kandungan kimia tinggi untuk membersihkan kaca film mobil. Meski tidak terlihat membuat kaca film rusak, namun kandungan kimia bisa saja mengganggu kinerja kaca film dalam meredam panas dan menolak sinar ultraviolet.

Bersihkan Karet dan Sela Jendela

Cara merawat kaca film mobil yang tidak kalah penting adalah menjaga kebersihan sela dan karet jendela mobil anda. Kotoran yang terdapat di karet sela-sela kaca jendela bisa saja kaca film tergores saat anda menaik-turunkan kaca jendela mobil anda. Ini adalah hal yang paling banyak dialami pemilik mobil.

Itulah beberapa cara merawat kaca film mobil agar lebih awet dan tidak membuat kaca film rusak. Semoga bermanfaat.

 

Disunting dari: asapmobil.com

Go Back