kaca film hitam

 

Benarkah kaca film hitam lebih baik dibandingkan dengan kaca film berwarna silver? Sebelum Anda memutuskan untuk memasang kaca film, sebaiknya pahami dulu segala hal tentang kaca film.

Kaca film hitam tidak selalu dapat menolak panas dengan baik atau kaca film yang lebih terang dan lebih bening, dianggap lebih panas daripada kaca film gelap. Hal ini adalah anggapan yang salah, karena kaca film bening ataupun clear bisa lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film dengan kegelapan 80% sekalipun.

Hal ini karena teknologi kaca film clear tersebut sudah menggunakan teknologi yang canggih atau sudah high end.

Salah kaprah ini mengarah pada pendapat bahwa kaca film bewarna silver lebih bagus dalam menolak panas dibandingkan kaca film hitam. Berdasarkan warnanya, umumnya kaca film yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua, yakni kaca film berwarna perak (silver) dan kaca film hitam.

Hal ini salah, karena sekali lagi, dengan teknologi pembuatan kaca film saat ini yang sudah canggih maka kaca film hitam juga dapat menolak panas dengan baik bahkan bisa saja mempunyai kualitas lebih tinggi dibandingkan kaca film berwarna silver.

Soal kemampuan kaca film penolak inframerah atau panas dan sinar UV, kedua warna memiliki level yang sama. Produsen sengaja menghadirkan dua warna berbeda, agar konsumen bisa memilih sesuai dengan selera dan serasi dengan tampilan mobil.

Kaca film berwarna silver biasanya digunakan untuk mobil yang mempunyai warna terang, seperti merah. Sedangkan kaca film hitam biasanya digunakan untuk mobil berwarna silver, hitam dan putih.

Nah, salah kaprah berikutnya adalah Kaca film dengan spesifikasi angka ultraviolet rejected 99% yang banyak beranggapan kaca film tersebut bagus dan dingin.

Ini anggapan salah, karena panas matahari bukan diukur dari sinar ultraviolet tetapi diukur dari sinar inframerah.

Banyak pemilik mobil yang beranggapan kalau kaca film hanya berfungsi untuk menolak panas.

Anggapan ini salah, karena selain untuk menolak panas, kaca film juga berfungsi untuk menahan pecahan kaca jika terjadi benturan, agar pecahan kaca tidak menimpa ke pengendara, tentunya dalam hal ini melapis kaca depan mobil sangatlah penting.

 

Disunting dari: Krisna Wicaksono & Jeffry Yanto Sudibyo – viva.co.id

 

Go Back