kaca film imitasi

Berminat memasang kaca film pada kaca mobil Anda? Berhati-hatilah sebelum membeli kaca film karena di pasaran banyak beredar produk kaca film imitasi atau palsu.

Khususnya kaca film dari produsen merek-merek ternama atau bisa dibilang sudah dikenal sebagian besar konsumen pemilik mobil pribadi yang dari segi harga tidak terlalu murah dan juga tidak kemahalan. Peluang inilah yang kemudian yang coba dimanfaatkan para oknum tak bertanggung jawab yang bepraktik curang, menciptakan produk kaca film imitasi.

Nah, agar Anda tidak tertipu ketika ingin memutuskan untuk membeli sebuah produk kaca film, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar Anda tidak terkecoh dengan produk palsu. Agus Setiadi, pemilik outlet kaca film, selaku distributor resmi salah satu merek kaca film memberikan beberapa panduan mudah.

Menurut Agus, cara paling mudah dalam memastikan produk kaca film tersebut asli atau palsu, adalah melalui logo yang berupa stiker embos melekat pada permukaan kaca film. Perhatikan dengan seksama bentuk logo ini, pada produk kaca film imitasi biasanya memiliki perbedaan seperti ukuran, warna atau jenis stiker.

Ciri kaca film imitasi yang kedua dapat dilihat dari warna kaca film tersebut. Produk kaca film yang asli terlihat lebih pekat ketimbang yang palsu.

Ciri Ketiga adalah ketika kaca film sudah terpasang di kaca mobil, sorotan sinar matahari akan lebih terasa panas ke kabin atau kurang memberikan efek seperti yang diharapkan.

Menurut Agus, ciri keempat kaca film imitasi adalah pada saat ditawarkan dengan harga yang relatif murah, maka patut dicurigai. Dan yang terakhir adalah mengenai kartu garansi. Kaca film asli akan menyertakan kartu garansi dengan ciri khas khusus sebagai bentuk identifikasi, sedangkan kaca film imitasi hanya terbuat dari kertas biasa.

Setiap pembelian kaca film asli umumnya memang akan diberikan kartu garansi yang berbentuk seperti kartu. Masa garansi yang diberikan juga bermacam-macam. Ada yang dapat menggaransi selama 5 tahun bahkan hingga 10 tahun.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara kaca film imitasi dan asli. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Tips Memilih Kaca Film Mobil Dengan Tepat

 

Sumber: kompas.com

Go Back