kaca film metal

Secara umum ada dua material atau bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kaca film yaitu metal dan ceramic. Kedua bahan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun, seiring perkembangan teknologi modern yang semakin canggih, kaca film metal juga masih banyak digunakan.

Kaca film metal memiliki kemampuan tinggi dalam hal menolak panas. Kaca film menjaga suhu di dalam kabin mobil tetap sejuk. Kelebihan lainnya adalah, kaca film metal memiliki lebih banyak pilihan warna untuk disesuaikan dengan penampilan mobil. Sedangkan kerugian kaca film jenis ini adalah bisa mengganggu kerja perangkat yang mengandalkan sinyal radio, seperti ponsel atau Global Positioning System (GPS).

Kekhawatiran soal efek rumah kaca dari refleksi bahan metal pada mobil membuat banyak pabrikan mencari bahan alternatif lain untuk kaca film, maka ditemukanlah ceramic. Karakter bahan ini kebalikan dari kaca film berbahan metal, namun seiring perkembangan teknologi, ceramic bisa menyamai atau bahkan melebihi kemampuan tolak panas kaca film metal.

Baca juga: Kanker Kulit Bisa Diatasi Kaca Film Yang Terpasang Di Mobil

Baca juga: Istilah-istilah Dalam Kaca Film Yang Wajib Diketahui

“kelebihan kaca film berbahan Nano ceramic adalah kaca film tersebut tidak mempengaruhi sinyal sama sekali karena tidak ada bahan metalnya. Bahan dasar metal itu lebih unggul dalam kemampuan tolak panasnya yang lebih tinggi, namun, saat kemajuan zaman yang semakin berkembang seperti ini ada juga kaca film yang berbahan dasar ceramic yang bisa lebih tinggi lagi. Tetapi kembali lagi ke harga karena dengan menggunakan teknologi baru pasti akan berpengaruh pada harga, pasti mahal,” ucap Andre Susanto, Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, pemasar kaca film merek internasional Maxpro Window Films, di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Nah, berdasarkan artikel diatas, secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan kaca film metal lebih unggul dalam hal menolak panas ketimbang kaca film berbahan ceramic, karena itulah penggunaan kaca film berbahan metal masih banyak digunakan. Terlebih lagi, harganya yang lebih murah dan variatif menjadikan keunggulan kaca film berbahan metal lebih banyak dipilih konsumen.

Baca juga: Tips Memilih Kaca Film Mobil Dengan Tepat

Baca juga: Kaca Film Imitasi Mudah Dibedakan Dengan Yang Asli

 

Sumber: kompas.com

Go Back