kanker kulit bisa diatasi kaca film

Bagi pengendara, terpapar sinar matahari merupakan hal yang lumrah. Tapi tahukah Anda akan bahaya kanker kulit yang mengintai? Namun, tidak perlu khawatir, karena kanker kulit bisa diatasi kaca film.

Kaca depan mobil Anda mungkin berfitur anti-sinar ultraviolet dan perlindungan atas sinar matahari sehingga Anda merasa aman dari potensi terkena kanker kulit. Tapi kaca samping mobil Anda belum tentu memiliki fasilitas yang sama. Jadi, berhati-hatilah. Solusinya? Pasangkan kaca film pada seluruh area kaca mobil Anda karena kanker kulit bisa diatasi kaca film.

Sudah sejak lama para ahli menemukan fakta bahwa paparan sinar ultraviolet A (UV-A) dapat menyebabkan kanker kulit dan katarak. Intensitas seseorang mengemudi rata-rata adalah lebih dari 1 jam setiap harinya, apalagi pada kondisi kemacetan yang parah.

Dr. Brian Boxer Wachler dari Wachler Vision Institute di Beverly Hills, California, Amerika Serikat, berusaha menemukan jawaban seberapa besar perlindungan matahari pada kaca mobil. Ia melakukan penelitian terhadap 29 jenis mobil dari 15 produsen berbeda untuk mencari tahu apakah kanker kulit bisa diatasi kaca film.

Boxer Wachler lalu mengukur level ambien dari radiasi UV-A pada kaca depan mobil dan juga kaca samping pengemudi pada kendaraan yang diproduksi pada rentang tahun 1990-2014. Hasilnya, kaca depan mobil memberikan perlindungan yang cukup baik terhadap sinar UV, namun tidak demikian dengan kaca samping.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui bahwa kaca depan rata-rata dapat melindungi dari sinar UV-A hingga 96 persen sedangkan kaca samping hanya 71 persen. Secara umum, hanya 14 persen dari mobil yang telah diteliti yang memberikan kaca samping dengan level perlindungan sinar UV-A yang tinggi.

Efeknya adalah potensi terjangkitnya kanker kulit pada bagian wajah pengemudi yang berada di dekat kaca (di Indonesia di sebelah kanan). Boxer Wachler pun berharap para produsen mobil juga dapat meningkatkan perlindungan terhadap sinar UV-A pada kaca samping.

Dr Doris Day, seorang spesialis kulit dan pakar kanker kulit di RS Lenox Hill, New York, menegaskan bahwa sinar UV-A sangat berbahaya bagi kulit. Ia pun meminta para pemilik mobil menggunakan kaca film yang bisa menangkal hingga 99 persen sinar UV karena kanker kulit bisa diatasi kaca film.

Baca juga: Tips Memilih Kaca Film Mobil Dengan Tepat

Baca juga: Kaca Film Imitasi Mudah Dibedakan Dengan Yang Asli

 

Sumber: tempo.co

Go Back