obu

obu

 

Beberapa jalan tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (persero) sudah mulai menerapkan sistem pembayaran tol nontunai menggunakan e-money. Adanya aturan baru tersebut membuat kemunculan alat bantu penempelan kartu di mesin reader gerbang tol atau yang lebih dikenal dengan Tongtol dan kini ada satu alat lagi yang disebut OBU.

Padahal, sahabat kaca film, sebenarnya ada alat bernama On Board Unit (OBU) yang memudahkan pengendara untuk membayar tol. Pengendara tak perlu repot-repot lagi membuka kaca jendela hanya tinggal lewat saja dan palang gerbang akan terbuka dengan sendirinya.

Namun, belum semua gerbang tol menerapkan hal itu. Memang ada gerbang khusus bagi pengguna OBU dan jumlahnya masih sangat minim. Tetapi ternyata OBU tak hanya bisa digunakan di gerbang khusus OBU saja lho.

Perlu sahabat kaca film ketahui, ada beberapa gerbang tol e-toll biasa yang bisa dilewati pengendara tanpa harus membuka jendela. Jika diperhatikan ada sensor yang berada di tengah atas gerbang sehingga pengguna OBU bisa langsung melaju tanpa harus membuka jendela.

detikOto sendiri sudah mencobanya. Ada beberapa gerbang yang sudah mulai menerapkan namun tidak di semua gerbang seperti Cawang, Semanggi, Pondok Gede Timur, Jatiwaringin, Halim, Ampera, dan masih ada yang lainnya.

Selain tak perlu repot membuka jendela, pengendara juga bisa mengecek saldo yang ada di mesin OBU dan tentunya waktu yang dibutuhkan lebih cepat.

Dengan adanya On Board Unit (OBU), kita sebagai pengendara sekaligus pengguna jalan tol akan mendapatkan kemudahan dan tentunya diharapkan dapat membantu untuk mengurai kemacetan yang biasa terjadi di gerbang tol.

Sebelum Anda membeli OBU, jangan lupa juga untuk memasang Maxpro Window Films pada kaca mobil Anda. Maxpro Window Films memiliki banyak keunggulan dibanding produk kaca film lainnya. Maxpro Window Films diproduksi menggunakan mesin paling modern dan paling canggih di Amerika Serikat dan dipegang oleh orang-orang yang berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: Fungsi Kaca Film Bagi Pengendara

 

Sumber: detik.com

Go Back