Bahaya Inframerah Mampu Dihalau Kaca Film

Sehari-hari tanpa kita sadari, kita sering berinteraksi dengan radiasi inframerah. Apakah efek buruk yang dapat ditimbulkan? Dan benarkah bahaya inframerah mampu dihalau kaca film?

Inframerah adalah radiasi elektromagnetik tidak kasat mata yang memiliki panjang gelombang 700 nm dan 1mn dimana lebih luas dan panjang dari cahaya yang dapat ditangkap mata manusia. Uniknya ketika berada pada suhu yang panas panjang gelombang inframerah justru berkurang. Dalam dunia otomotif, bahaya inframerah mampu dihalau kaca film.

Apa sajakah yang termasuk sebagai kategori inframerah yang berbahaya?

  • Sinar ultraviolet
  • Sinar lampu pijar
  • Cahaya api yang membara
  • Cahaya hasil dari pengelasan
  • Sinar matahari yang terpantul kaca
  • Radiasi aspal yang terpapar sinar matahari pada pukul 12 hingga 2 siang

Perantara-perantara diatas tentunya sangat berhubungan dengan Anda yang sering berkendara. Namun, jangan khawatir karena bahaya inframerah mampu dihalau kaca film. Inilah dampak buruk dari inframerah jika terkena jaringan tubuh manusia secara langsung:

1. Kulit Terbakar

Radiasi Inframerah yang terpancar ke bumi sama tajamnya dengan sinar ultraviolet, karena memang inframerah juga dapat berasal dari sinar matahari yang bersifat alami bukan buatan manusia. efek buruk yang ditimbulkan inframerah adalah dapat melukai dan memberi efek terbakar/panas pada permukaan kulit. Karena radiasi inframerah mampu menembus jaringan kulit terdalam hingga merusak kolagen yang berada dibawah kulit.

2. Kerusakan Jaringan Retina Mata

Radiasi inframerah dapat menembus bagian retina mata sehingga memicu potensi munculnya penumpukan kabut putih yang melapisi retina sehingga mata mengalami ketajaman penglihatan bahkan katarak pada lensa mata.

3. Kanker Kulit

Radiasi inframerah sama bahayanya dengan sinar ultraviolet yang mampu merusak jaringan kulit terdalam jika terpapar secara berlebihan. kulit yang terpapar inframerah secara tidak sengaja dan berlangsung dalam rentang waktu yang lama akan memicu tumbuhnya sel kanker kulit. Terpapar sinar matahari yang memiliki inframerah secara berlebihan akan merusak merusak pigmentasi, kolagen dan memicu timbulnya flek-flek hitam pertanda awal dari tumbuhnya sel kanker kulit.

4. Penuaan Dini

Terpapar radiasi inframerah terlalu lama pada kulit dapat menyebabkan kulit menjadi mudah keriput dan kering, karena sinar matahari akan mengganggu keseimbangan minyak alami dan sel kolagen kulit dimana dapat berpotensi terjadinya kerusakan sel kulit. Kondisi tersebut memungkinkan seseorang akan menjadi terlihat lebih tua dan kusam.

Bagi Anda pengendara yang sehari-harinya sangat akrab dengan radiasi inframerah yang bersumber dari matahari tersebut tidak perlu takut. Maxpro Window Films, brand kaca film internasional dari Amerika menawarkan kemampuan penolak inframerah hingga 97% yang mampu melindungi Anda dari radiasi inframerah dengan maksimal. Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena segala bahaya inframerah mampu dihalau kaca film Maxpro.

Tidak hanya itu, Maxpro Window Films juga dilengkapi dengan teknologi yang tidak dimiliki pesaingnya, yaitu Advanced HEV-Light Filters yang mampu menolak cahaya biru yang biasa menyebabkan pengendara kehilangan konsentrasi dan kantuk saat mengemudi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai efek buruk yang dapat ditimbulkan inframerah. Jadi tunggu apalagi, pasang kaca film pada mobil Anda sekarang juga karena bahaya inframerah mampu dihalau kaca film. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Manfaat Dari Kaca Film Yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Gelembung Pada Kaca Film? Ini Cara Mengatasinya!

 

Sumber: spectrum-film.com

Go Back