Berkat Euro4, Harga Mobil Lebih Murah

maxproeuro4

 

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merasa senang dengan penerapan standar emisi Euro4 untuk kendaran roda empat dan lebih.

Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan, dengan penerapan standar emisi Euro4 pabrikan mobil tidak perlu melakukan downgrade produk mereka untuk dipasarkan di Indonesia. Selama ini Indonesia masih memberlakukan standar emisi Euro2 sehingga ketika produk baru ingin masuk harus disesuaikan komponen-komponennya supaya compatible dengan bahan bakar di sini.

“Di Jepang sudah Euro5, Thailand Euro4, jadi kalau mau ke Indonesia diturunkan dulu menjadi Euro2. Nah sekarang dengan Euro4 kami happy, enggak ada masalah lagi. Ini yang mesti kami bereskan. Harga mobil akan lebih murah. Kenapa, karena (spesifikasi mobil) Euro4 enggak diubah lagi ke Euro2, tetapi kedepannya bahan bakar harus tersedia secara menyeluruh,” ujar Nangoi, di Karawang, Jawa Barat, Senin (10/4/2017).

Terkait berapa persen penurunan harga mobil, Nangoi belum bisa membeberkannnya secara detail.

‎Di samping harga, dengan pemberlakuan standar Euro4 pabrikan yang memproduksi mobil akan lebih mudah melakukan ekspor.

“Kami selalu memberikan masukan kepada Pemerintah, dengan penerapan Euro4 kita bisa fight. Kalau enggak dikeluarkan (aturan Euro4) kami enggak bisa bersaing untuk ekspor dan pabrik enggak efisien,” pungkas dia.

Seperti diketahui, aturan Euro4 akan berlaku efektif pada September 2018 untuk mobil bermesin bensin dan 4 tahun lagi untuk mesin diesel. Aturan itu pula mengharuskan kendaraan roda empat dan lebih yang dijual di Indonesia harus menggunakan BBM dengan spesifikasi standar Euro4.

 

Sumber: Santo Evren Sirait – okezone.com

Go Back