Efek Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata

efek sinar biru

Efek Sinar Biru Bagi Kesehatan Mata. Kita tentu sudah sering mendengar tentang bahaya dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan kulit. Sinar UV tidak dapat terlihat oleh mata kita karena termasuk golongan cahaya tidak tampak (Invisible light), sumber terbesarnya adalah matahari.

Mata manusia hanya mampu melihat cahaya dengan panjang gelombang 400 nm-760nm yang disebut dengan cahaya tampak (Visible Light). Visible Light sangat di perlukan oleh mata kita dalam proses penglihatan sehingga kita dapat mengenali berbagai macam warna benda. Sumbernya bisa dari matahari langsung ataupun pencahayaan buatan seperti lampu neon, LED ,monitor computer,smart phone,tablets, monitor Laptop dan sebagainya.

Meskipun memberikan banyak manfaat bagi proses penglihatan,ternyata Visible light juga mempunyai efek sinar biru yang mempunyai panjang gelombang 415 nm – 455 nm.  Akumulasi dari paparan sinar biru yang masuk ke mata jangka panjang dapat mempercepat terjadinya Degenerasi Makula.

Makula adalah bagian dari retina yang berfungsi sebagai penglihatan tengah,penderita degenerasi makula akan mengalami gangguan pada penglihatan sentralnya karena  sel pada makulanya sudah rusak akibat paparan sinar UV dan sinar biru,sayangnya penyakit ini belum bisa disembuhkan dan merupakan penyebab kebutaan.

Sinar biru ada dimana-mana disekitar kita, semua orang beresiko untuk terpapar sinar biru.  Salah satu sumber sinar biru yang patut diwaspadai bersumber dari televisi, smartphone, dan gadget lainnya. Anak usia di bawah 10 tahun dan orang diatas 45 tahun adalah kelompok orang yang paling rentan terhadap radiasi sinar biru ini.Untuk mengatasinya diperlukan lensa kacamata yang mampu menyaring radiasi sinar biru,biasa disebut dengan lensa blue cut.

Dalam berkendara pun efek sinar biru sangat berbahaya karena dapat membuat lelah mata, kantuk hingga kepala menjadi pusing.

Ketika berkendara lindungilah diri Anda dari efek sinar biru dengan mengaplikasikan kaca film Maxpro EyeCare yang diciptakan lebih spesifik, kaca film ini tidak hanya mampu menolak infra merah hingga 97%, tetapi juga dilengkapi dengan Blue-Light Reduction Filters, sebuah teknologi yang dirancang khusus untuk menjaga mata anda dari bahaya Blue-Light yang terpapar cahaya. Teknologi ini pun dianggap belum dimiliki para kompetitornya.

 

Dilansir dari : www.optikmelawai.com

Go Back