fungsi kaca film pada gedung

Perkembangan jaman yang bergerak dengan sangat cepat seperti yang kita alami saat ini memaksa kita untuk hidup serba praktis. Bangunan-bangunan yang tadinya masih menggunakan tirai konvensional untuk menghalau efek matahari banyak beralih ke penggunaan kaca film. Namun, apa sajakah fungsi kaca film pada gedung tersebut?

Sebenarnya trend penggunaan kaca film pada bangunan di awali oleh penggunaan kaca film dekorasi yang berguna sebagai pembatas ruangan atau bahkan hiasan semata. Kaca film dekorasi ini biasanya hanya difungsikan sebagai penghalang pandangan dari luar untuk melihat kedalam ruangan, karena dipasang untuk kepentingan indoor jadi sama sekali tidak memikirkan seperti halnya kemampuan tolak panas dan sebagainya.

Seiring mencuatnya isu seputar pemanasan global atau perubahan iklim belakangan ini, perusahaan-perusahaan yang menggunakan fasilitas gedung biasanya menggunakan banyak bantuan mesin pendingin ruangan atau AC pada setiap ruangan atau lantainya, turut tergerak untuk membantu stabilitas lingkungan dengan menekan beban kerja mesin pendingin dengan kemampuan tolak panas yang dimiliki oleh kaca film. Dengan berkurangnya beban kerja AC maka pengeluaran freon yang merusak lapisan ozon akan jauh berkurang. Lalu, berkurangnya beban kerja AC juga dapat berujung pada penghematan listrik dan biaya bulanan Anda. Itulah salah satu fungsi kaca film pada gedung.

BACA JUGA: KACA FILM GELAP BISA SANGAT BERISIKO, HATI-HATI!

BACA JUGA: OLD TRAFFORD DILAPISI KACA FILM DEMI KEAMANAN

Dengan beralih ke penggunaan kaca film, penggunaan tirai konvensional akan terhapuskan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra secara rutin yang dipergunakan untuk melakukan perawatan seperti mencuci dan sebagainya. Selain itu dengan menggunakan kaca film, bangunan Anda pun akan tampak lebih minimalis dan elegan.

FUNGSI KACA FILM PADA GEDUNG:

  1. Memberikan perlindungan maksimal atas efek merugikan dari sinar matahari seperti panas, cahaya menyilaukan dan radiasi ultraviolet.
  2. Melindungi Anda dari serpihan-serpihan pecahan kaca pada saat terjadi pengrusakan atau bencana alam dengan kemampuan perekat yang dimilikinya.
  3. Meningkatkan penampilan untuk lebih minimalis dan elegan.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back