gelembung pada kaca film

Kaca film merupakan perangkat utama untuk mereduksi panas dan cahaya yang masuk ke kabin mobil. Seiring usia pakai, pemilik mobil kerap mendapati gelembung pada kaca film yang terpasang pada kaca mobil.

Akibatnya gelembung pada kaca film tersebut akan membuat tampilan mobil kurang elok dipandang.

Selain itu, jika sudah menggelembung, dikhawatirkan fungsi tolak panas pada kaca film tersebut menjadi tak maksimal lagi. Menurut April, pemilik toko spesialis kaca mengatakan, adanya gelembung pada kaca mobil umumnya terjadi akibat dua sebab, yakni pemasangan yang kurang maksimal dan adanya kotoran di lapisan kaca film.

“Jadi ada dua, pertama gelembung udara karena pemasangan dan kedua karena kotoran,” kata April yang bermarkas di Mega Glodok Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kaca Film Sebagai Penghalau Silau Di Malam Hari

Baca juga: Mengapa Kaca Film Dipasang Di Bagian Dalam Bukan Luar?

Gelembung udara saat pemasangan biasanya timbul karena orang atau mekaniknya tidak tuntas melakukan penyerutan sisa air yang menempel di kaca. Selain itu, proses pengeringan kaca film pada saat ditempelkan belum rata pada permukaan kaca.

“Jadi kan lapisan kaca film enggak rata, akibatnya muncul gelembung udara. Sementara untuk gelembung akibat kotoran terjadi saat lapisan kaca film sudah terpasang di kaca,” kata April.

Ketika pemilik mobil mendapati gelembung pada kaca film, dikatakan April, maka sebaiknya siapkan anggaran untuk menggantinya dengan pelapis kaca film yang baru. Sebab, pada kaca film tidak dikenal sistem tambal sulam.

“Sebenarnya kalau cuma gelembung kecil, bisa diseset sedikit pakai cutter sampai udara keluar. Ini harus hati-hati karena film bisa sobek. Kalau misalnya sampai sobek, mau enggak mau ganti baru, karena kaca film enggak bisa ditambal,” kata April.

Demikianlah artikel mengenai timbulnya gelembung pada kaca film dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca juga: Kaca Film Jangan Dibersihkan Dengan Sabun!

Baca juga: Kaca Film Maxpro Punya Teknologi Yang Tak Dimiliki Pesaing

 

Sumber: viva.co.id

Go Back