Harga Mobil Naik Akibat Rupiah Melemah

Harga Mobil Naik Akibat Rupiah Melemah Terhadap Dollar Amerika.

Nilai tukar rupiah terhadap dollar melemah yang telah menembus angka lebih Rp. 14.000 ribu rupiah (Rp 14.375 per 6 Juli 2018 dari Bloomberg) Hal ini tentu saja mengkhawatirkan para produsen otomotif dalam negeri.

Jika posisi nilai dollar terus menguat seperti saat ini dapat di pastikan bahwa harga jual kendaraan mobil akan ikut naik akibat penyesuaian nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika. Artinya, masyarakat akan merasa terbebani dengan harga yang kian merangkak naik.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Gaikindo, Johannes Nangoi “Ini sangat berpengaruh terhadap harga mobil karena sebagian besar komponen dan bahan baku mobil yang ada di sini masih dalam bentuk dolar.  Ini kalau dolar masih bertahan Rp 14.400 dalam jangka lama mungkin Agen Pemegang Merek (APM) perlu melakukan adjustment (penyesuaian) lagi”.

Ia juga menambahkan bahwa semua itu tergantung dari APM atau Agen Pemilik Merk masing-masing. karena setiap kebijakan dan strategi mereka berbeda-beda.

Menurutnya jika harga tidak dinaikan (jika dollar masih tinggi) mereka akan susah bertahan. Jadi pasti akan ada adjustment, dan seberapa besar dan seberapa cepat penyesuaian harga tergantung dari masing-masing merk.

Tidak hanya harga mobil saja yang akan ikut naik seiring dengan menguatnya nilai dollar terhadap mata uang rupiah. Spare part kendaraanpun akan ikut naik dengan menguatnya nilai dollar terhadap rupiah.

Selain spare part kendaraan, kaca film sebagai aksesoris mobil dan kebutuhan para pengendara juga akan mengalami kenaikan harga apabila pemerintah tidak menangani hal tersebut secara serius.

Pemerintah harus lebih Aware terhadap masalah ini karena berpotensi akan membebankan masyarakat dalam segi aspek terutama bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan baru.

Meskipun harga mobil naik karena dollar semakin menguat terhadap nilai mata uang rupiah, Pastikan mobil yang ingin Anda beli nantinya menggunakan kaca film sebagai perlindungan dari sinar matahari dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi Anda saat berkendara.

Source : Kompas.com 

Go Back