Jakarta Butuh Waktu 30 Tahun Untuk Kurangi 60% Polusi

Jakarta Butuh Waktu 30 Tahun Untuk Kurangi 60% Polusi

Jakarta butuh waktu 30 tahun untuk kurangi 60% polusi oleh karenanya masyarakat diminta untuk lebih peduli terhadap lingkungan khususnya pencemaran udara.

Jakarta merupakan pusat ibukota negara dimana wilayahnya dipadati dengan gedung-gedung pencakar langit perkantoran, pusat perbelanjaan, pusat pemerintahan dan lalu lintas jalan yang cukup padat.

Tak heran mengapa Indonesia juga termasuk negara terpadat ke empat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk yang berjumlah 260 juta jiwa atau 3,5 dari jumlah penduduk keseluruhan di dunia.

Dengan jumalah penduduk yang sangat banyak dan dipadati oleh lalu lintas kendaraan di ibukota tak dapat dipungkiri lagi kalau tingkat polusi udara di Jakarta sangat tinggi.

Menurut sebuah perhitungan tingkat polusi udara di Jakarta sangat tinggi. Bahkan memerlukan waktu selama kurang lebih 30 tahun untuk mengurangi polusi udara sebanyak 60 persen.

Namun, Hal itu baru sekedar perhitungan semata. Seperti yang disampaikan Direktur Pengendalian Pencemaran Udara KLHK RI, Dasrul Chaniago bahwa perhitungan tersebut merupakan hasil dari kerjasama dengan Universitas Indonesia (UI).

Menurutnya Jakarta hitungan dalam waktu cepat dengan UI itu bisa 60 persen tapi dengan jangka waktu 30 tahun, Ujarnya saat ditemui di kawasan Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kota Tangerang Selatan.

Untuk wilayah Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur memang tidak ada pengaruhnya terhadap pemanfaatan bahan bakar euro 4 karena wilayah tersebut polusi udara tidak tinggi seperti yang ada di ibukota Jakarta.

Dasrul Chaniago menambahkan bahwa saat ini pemerintah khususnya pertamina telah menyiapkan bahan bakar standar euro 4 namun ada beberapa wilayah di Indonesia yang belum terjamah.

Semoga dengan diberlakukannya bahan bakar standar euro 4 yang ramah lingkungan ini bisa semakin mengurangi tingkat polusi udara di ibukota Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya.

Sebagai antisipasi dari bahaya polusi udara Anda juga perlu meningkatkan keamanan saat berkendara di jalan dengan menggunakan kaca film. Selain fungsinya yang efektif menolak panas, kaca film juga mampu memberikan perlindungan dan kenyamanan dari efek buruk sinar uv.

Source : Detik.com 

Go Back