Jalan beton atau aspal yang aman di lewati oleh kendaraan?

Seperti yang kita ketahui bersama Indonesia sedang membangun beberapa infrastruktur pembangunan jalan diantaranya Jalan Tol yang menelan biaya yang tidak sedikit. Jalan raya di Indonesia memiliki beberapa tipe, Ada jalan beton ada pula jalan aspal.

Perbedaan yang mencolok pada jalan di Indonesia adalah material jalanan yang digunakan. Umumnya jalanan menggunakan material aspal namun saat ini kita lihat juga banyak terdapat jalan-jalan dengan material beton. Lantas manakah yang aan untuk dilintasi oleh kendaraan?

Seperti yang di ungkapkan oleh Rudi Novianto, Defensive Driving Trainner Sentul Driving Course saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat mengungkapkan bahwa “Permukaan jalan beton memiliki permukaan lebih kasar di bandingkan dengan jalan aspal, sehingga cengkraman roda lebih baik”.

Selain itu jalan beton memiliki temperatur yang lebih stabil dan lebih tahan terhadap panas bila di bandingkan dengan jalan aspal. Dan jalanan aspal lebih reaktif terhadap panas dan memiliki resiko untuk memuai.

Rudy menambahkan bahwa ada beberapa poin negatif dari jalanan beton. Yang pertama permukaan yang kasar akan membuat telapak ban lebih cepat aus. Berikut kelebihan jalan beton :

1. Dapat menahan beban kendaraan berat

2. Tahan terhadap genangan air

3. Biaya perawatan lebih murah dibandingkan dengan jalan aspal

4. Material mudah di dapat

Kekurangan :

1. Biaya konstruksinya lebih mahal dari jalan aspal, namun lebih murah biaya perawatannya

2. Kualitas beton sangat bergantung pada proses pelaksanaannya, misalnya pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan.

Sementara itu, Kelebihan jalan aspal adalah :

1. Jalan lebih halus, mulus dan tidak bergelombang

2. Warna hitam memberikan psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman

3. Proses perawatn lebih mudah karena tinggal mengganti pada area jalan aspal yang rusak saja.

Kekurangannya :

1. Tidak tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan drainase yang baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca banjir dan hujan.

2. Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi konstruksi aspal

Source : Carreview.com

Go Back