kaca film berkriteria baik

Belum terdapat standar khusus yang diterapkan di Indonesia perihal seperti apakah kaca film berkriteria baik. Selama ini umumnya orang-orang hanya beranggapan bahwa semakin gelap kaca filmnya, maka semakin baik pula kemampuan tolak panasnya jika dibandingkan dengan kaca film yang lebih clear atau bening.

Perlu diketahui, penggunaan kaca film gelap yang diaplikasikan dengan sembarangan justru dapat membahayakan Anda maupun pengemudi lain. Mengapa demikian? Pada siang hari atau cuaca cerah, mungkin penggunaan kaca film yang terlalu gelap tidak akan terlalu mempengaruhi Anda. Namun, bagaimana saat kondisi gelap atau malam hari? Tentunya daya pandang Anda akan terganggu. Oleh karena itulah, kadar kegelapan sebenarnya bukanlah acuan dari kaca film berkriteria baik.

Lalu, seperti apakah kaca film berkriteria baik tersebut? Salah satu ciri-cirinya adalah kaca film tersebut dapat menjaga privasi namun juga tidak membuat visibilitas Anda menjadi terganggu. Dengan kata lain, Anda bisa dengan nyaman melihat pandangan keluar dari dalam kabin, namun tidak sebaliknya.

BACA JUGA: MENGHEMAT ENERGI DENGAN BANTUAN KACA FILM

BACA JUGA: KACA FILM DAPAT MENINGKATKAN PRIVASI SAAT BERKENDARA

Kaca film berkriteria baik tidak akan membuat daya pandang penggunanya menjadi terganggu. Kaca film berkualitas buruk biasanya akan menimbulkan seperti kabut berbayang.

Khusus untuk pasar Indonesia, disarankan untuk menggunakan tingkat kegelapan maksimal 40% jika diaplikasikan pada kaca depan. Sementara untuk kaca samping bagian pengemudi, kaca samping bagian penumpang atau kaca belakang, Anda dapat menggunakan tingkat kegelapan hingga 80% tergantung dari kebutuhan Anda. Biasanya, untuk kaca samping bagian pengemudi dan kaca belakang, tingkat kegelapan kaca film yang digunakan tidak lebih dari 60%. Sebaiknya tidak terlalu gelap karena terdapat spion yang fungsinya sangat vital dalam membantu Anda ketika mengemudi. Untuk kaca samping bagian penumpang Anda dapat menggunakan tingkat kegelapan hingga 80% untuk meningkatkan privasi Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai kaca film berkriteria baik yang dapat kami sampaikan. Jadi kadar kegelapan tidak menentukan kualitas kaca film seutuhnya, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back