kaca film bisa bikin irit bahan bakar

Kaca film kini seolah sudah menjadi perangkat wajib bagi setiap pemilik kendaraan, bukan lagi hanya sebagai aksesoris tambahan semata. Fungsinya tidak semata-mata hanya untuk meningkatkan tampilan tapi juga mendukung kenyamanan dan keamanan. Lebih jauh, bahkan diklaim jika kaca film bisa bikin irit bahan bakar.

Bagaimana cara kerja sebuah kaca film hingga diklaim bahwa kaca film bisa bikin irit bahan bakar? Kaca film sudah sangat umum dikenal sebagai perangkat penolak panas matahari yang dilapis pada sisi kaca mobil.

Dengan memasangkan kaca film pada setiap sisi kaca mobil, maka akan membuat suhu dalam kabin mobil Anda menjadi lebih rendah sehingga dapat meringankan beban kinerja mesin pendingin untuk membuat kabin mobil Anda tetap sejuk. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa secara tidak langsung kaca film bisa bikin irit bahan bakar.

BACA JUGA: KACA FILM DAPAT MENGHALAU CAHAYA BERLEBIH DI APARTEMEN

BACA JUGA: PERAWATAN KACA FILM TIDAK SULIT DILAKUKAN. INI DIA CARANYA!

Untuk bisa melakukan penghematan energi dengan maksimal, tentu bergantung juga pada kemampuan tolak panas dari kaca film yang Anda miliki. Semakin baik kemampuan tolak panasnya, maka akan semakin efektif pula penghematan energi yang dihasilkan.

Tidak hanya berfungsi sebagai penolak panas semata, kaca film juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti:

  1. Menolak radiasi ultraviolet yang berpotensi membahayakan kesehatan kulit dan mata dan juga pemudaran interior.
  2. Meningkatkan privasi. Dengan memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang disesuaikan dengan kebutuhan, dapat membantu menjaga privasi Anda dalam kabin.
  3. Meningkatkan keamanan. Kaca film mampu menahan serpihan pecahan kaca yang berhamburan akibat benturan seperti kecelakaan atau pengrusakan sehingga tidak mengenai Anda.
  4. Meningkatkan penampilan. Dengan menggunakan kaca film mobil Anda akan terlihat lebih bernilai dan elegan.

Dari beberapa fungsi diatas, manfaat kaca film bisa bikin irit bahan bakar memang hanya diketahui oleh segelintir orang saja. Karena umumnya, orang-orang hanya mengetahui fungsi kaca film hanyalah sebagai penolak panas semata tanpa memikirkan fungsi lain yang berkesinambungan.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back