kaca film jangan dibersihkan dengan sabun

Perawatan kaca film sebenarnya tidak terlalu sulit. Tidak diperlukan perawatan khusus, yang diperlukan hanyalah ketelitian dalam memilih bahan atau lap pembersih. Perlu diketahui, sebaiknya kaca film jangan dibersihkan dengan sabun.

Kunci dalam perawatan kaca film pada mobil atau gedung ada pada kain dan cairan pembersih yang digunakan. Tidak dianjurkan bagi pemilik kendaraan untuk memakai lap yang sama dalam membersihkan interior dan eksterior, karena masing-masing memiliki bahan yang berbeda.

Sebaiknya kaca film jangan dibersihkan dengan sabun, alternatifnya bisa menggunakan glass cleaner. Seandainya tidak ada, menggunakan minyak diperbolehkan dalam kondisi darurat. Cara paling ampuh dan aman adalah menggunakan shampoo bayi karena tidak memiliki kandungan bahan kimia berbahaya, busanya pun sangat lembut sehingga tidak merusak lapisan kaca film.

Baca juga: Setelah Memasang Kaca Film Perhatikan Hal ini!

Baca juga: Garansi Kaca Film Sepenting Apakah Fungsinya?

Tidak perlu menggunakan lap atau bahan pembersih yang tidak diketahui pasti kandungan kimianya. Asalkan kaca film terlihat bersih, itu sebenarnya sudah cukup, tidak perlu dibersihkan lagi. Sangat dianjurkan penggunaan bahan microfiber untuk mengelap kaca. Selain memiliki kelebihan menghindari tampaknya baret-baret pada kaca film, harganya juga relatif murah. Intinya, kaca film jangan dibersihkan dengan sabun.

Lap dengan bahan lembut sekalipun belum tentu aman untuk kaca film, termasuk penggunaan tisu. sangat tidak dianjurkan pemilik kendaraan menggunakan tisu atau kain baju untuk mengelap kaca film. Memang kelihatannya bersih dan lembut, namun justru dapat menghasilkan baret parah, apalagi kain baju. Paling aman, ya menggunakan bahan microfiber atau glass cleaner saja.

Mengenai karakteristik geografis atau cuaca dalam menjaga keawetan kaca film, pada dasarnya perawatannya kurang lebih sama, sehingga tidak dibutuhkan kain atau cairan pembersih yang berbeda. Hanya saja, untuk daerah pesisir pantai atau dekat dengan laut disarankan untuk memilih jenis kaca film yang tidak mengandung bahan metal karena dapat menimbulkan korosi.

Membersihkan kaca film ketika mobil masih dalam kondisi panas usai dipakai atau dibawah terik matahari tidak menjadi masalah, pasalnya selain berbahan dasar plastik, kaca film memiliki fleksibilitas yang sangat baik.

Demikianlah artikel mengenai alasan mengapa sebaiknya kaca film jangan dibersihkan dengan sabun. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Kaca Film Metal Masih Digunakan Saat Ini, Ini Alasannya!

Baca juga: Istilah-Istilah Dalam Kaca Film Yang Wajib Diketahui

 

Sumber: otosia.com

Go Back