Kaca Film Mencegah Kanker Kulit

Tahukah kamu jika kaca film mencegah kanker kulit? Sehari-harinya, kulit kita terkena sinar matahari. Tanpa sadar, pada sinar matahari tersebut juga terdapat radiasi dari sinar ultraviolet (UV). Radiasi matahari pada kulit sangatlah berbahaya, bahkan mampu meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit.

Sebenarnya, sinar matahari dibutuhkan dalam pembentukan dan kesehatan tulang karena sinar matahari dapat membantu produksi vitamin D oleh tubuh. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari pada kulit juga dapat membawa dampak negatif. Jika kulit Anda tidak kuat dengan paparan sinar matahari langsung dalam waktu lama, mungkin kulit Anda akan terbakar.

Radiasi matahari dapat menyebabkan kerusakan sel

Lapisan terluar dari kulit mempunyai sel yang mengandung pigmen melanin. Melanin melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat membakar kulit, mengurangi elastisitas kulit, dan dapat menyebabkan Anda mengalami penuaan dini.

Terlalu banyak dan sering kulit Anda terkena sinar matahari dapat menyebabkan kulit Anda terbakar. Sinar UV dapat menembus lapisan kulit luar dan masuk ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam lagi, sehingga dapat merusak atau membunuh sel-sel kulit. Terkena paparan sinar ultraviolet selama bertahun-tahun dapat menyebabkan Anda terkena kanker kulit. Nah, disinilah peran kaca film dibutuhkan. Dengan mengandalkan salah satu fungsinya, kaca film mencegah kanker kulit.

Sinar UV dapat mengakibatkan kerusakan DNA pada sel-sel kulit. Saat sel-sel kulit sedang aktif membelah dan berkembang biak, sel-sel tersebut sangat rentan terhadap kerusakan DNA. Kerusakan DNA yang terlalu parah dapat menyebabkan kematian sel.

Namun, sebenarnya sel-sel kulit mempunyai mekanisme untuk merespon dan memperbaiki kerusakan DNA dalam sel. Jika mekanisme tersebut tidak memungkinkan perbaikan semua DNA dalam sel, maka akan terjadi kegagalan fungsi. Kegagalan fungsi sel-sel kulit dalam memperbaiki kerusakan ini dapat menyebabkan DNA dalam sel bermutasi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkontrol, transformasi sel, dan perkembangan kanker kulit.

Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fungsi kaca film. Ya, kaca film mencegah kanker kulit.

Sebenarnya ada banyak cara untuk meminimalisir dampak dari radiasi sinar UV yang disebabkan oleh matahari. Namun, cara paling sederhana adalah dengan cara memasang kaca film pada kaca kendaraan atau properti Anda. Salah satu brand kaca film yang sangat direkomendasikan adalah Maxpro Window Films.

Perkembangan kaca film sekarang ini meningkat dengan pesat, selain memberikan keamanan atas pecahan kaca, kaca film sekarang jauh lebih efisien dalam mengontrol efek dari sinar matahari. Kaca film Maxpro dapat menolak 99% sinar UV dari matahari, dibandingkan dengan kaca yang tidak menggunakan film, sehingga Anda tidak perlu merasa gelisah akan sinar matahari yang selalu menyinari Anda dan tentunya kaca film mencegah kanker kulit.

 

Disunting dari: Arinda Veratamala – hellosehat.com

Go Back