kaca film sebagai penghalau silau

Pada malam hari sekalipun banyak sekali cahaya menyilaukan, ini disebabkan selain bertambah banyaknya kendaraan, akibat pemakaian lampu mobil yang tidak sesuai standar, seperti memakai lampu HID (sinar putih). Namun, bagi Anda yang menggunakan kaca film sebagai penghalau silau Anda tidak akan terlalu merasa terganggu.

Nah, kali ini kami akan sedikit berbagi bagaimana cara mengatasi silau akibat lampu di malam hari. berikut penyebab dan cara menghindarinya:

Silau oleh lampu jauh dan lampu HID dari depan

  • Cara pertama adalah dengan tidak melihat lampu tersebut, konsentrasi pada jalan di depan dan memandang sedikit ke arah kiri. Hal ini dilakukan agar mata kita tidak sakit atau buta sesaat akibat silau tersebut.
  • Cara kedua adalah dengan memakai kaca film sebagai penghalau silau. Kaca film dengan spesifikasi VLT (persentase cahaya yang masuk) yang cukup akan dapat membantu Anda untuk menghalau cahaya menyilaukan.

Baca juga: Setelah Memasang Kaca Film Perhatikan Hal Ini!

Baca juga: Garansi Kaca Film Sepenting Apakah Fungsinya?

Silau oleh lampu dari belakang atau pantulan spion

  • Jika Anda sudah menggunakan kaca film sebagai penghalau silau pada kaca mobil Anda tentunya hal ini tidak perlu membuat Anda khawatir. karena kaca film akan memfilter cahaya tersebut.
  • Cara kedua adalah dengan sedikit membungkukkan kaca spion, dimana kita mengatur pandangan dari spion tidak sampai jauh ke belakang akan tetapi hanya sampai pada bagian bawah ekor mobil kita. Cara yang kedua ini dilakukan jika intensitas cahaya dari belakang sangat tinggi, dengan cara ini kita bisa nyaman mengemudikan mobil tanpa terganggu cahaya dari belakang.

Akibat nyala lampu kabin

Pada kasus ini fungsi kaca film sebagai penghalau silau tidak akan berguna karena cahaya berasal dari dalam kabin. Lampu kabin yang menyala di malam hari seringkali menyilaukan dan membuat pandangan kita terganggu. Hal ini disebabkan pupil mata kita mengecil akibat lampu kabin, padahal kita butuh pupil yang cukup lebar untuk menangkap cahaya minim dari jalan ketika malam hari. Inilah sebabnya kebanyakan pengemudi mobil mematikan lampu kabin pada malam hari. Cara menyikapinya mudah saja, matikan lampu kabin dan sumber cahaya lain (Hp dan lain-lain).

Baca juga: Mengapa Kaca Film Dipasang Di Bagian Dalam Bukan Luar?

Baca juga: Kaca Film Jangan Dibersihkan Dengan Sabun!

 

Sumber: mobilku.org

Go Back