kaca film silver

Benarkah kaca film hitam memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan kaca film silver? Sebelum Anda memutuskan untuk memasang kaca film pada mobil atau properti Anda, ada baiknya Anda mempelajari sedikit pengetahuan seputar kaca film agar tidak terkecoh asumsi-asumsi yang beredar di masyarakat.

Sebenarnya, kaca film hitam tidak selalu memiliki kemampuan tolak panas yang lebih baik jika dibandingkan dengan kaca film silver atau sebaliknya kaca film silver memiliki kualitas tolak panas yang lebih buruk. Anggapan tersebut sebenarnya hanyalah asumsi yang beredar di masyarakat semata. Bisa saja kaca film silver memiliki kualitas tolak panas yang lebih baik dibanding dengan kaca film hitam dengan tingkat kegelapan 80% sekalipun. Begitu pula sebaliknya, bisa saja kaca film hitam lebih baik dibanding kaca film silver.

Dengan semakin berkembangnya teknologi pada dunia kaca film, kita tidak dapat mengukur suatu kemampuan yang dimiliki kaca film  berdasarkan warnanya saja. Saat ini yang beredar di pasaran umumnya terdapat dua warna kaca film yang beredar, yaitu kaca film hitam dan silver. Umumnya pilihan warna diberikan produsen semata-mata agar konsumen dapat memilihnya sesuai dengan seleranya masing-masing.

BACA JUGA: MITOS SEPUTAR KACA FILM GELAP YANG BEREDAR DI MASYARAKAT

BACA JUGA: JASA PASANG KACA FILM PROFESIONAL DAN TIPS MEMILIHNYA

Biasanya konsumen memilih menggunakan kaca film silver pada mobil yang memiliki warna cerah, seperti merah atau kuning. Sedangkan untuk mobil berwarna monokromatik, biasanya konsumen lebih menyukai menggunakan kaca film hitam.

Salah kaprah lain yang terjadi pada masyarakat adalah anggapan bahwa ultraviolet rejection merupakan tolak ukur kemampuan tolak panas dalam kaca film. Anggapan ini salah karena sebenarnya tolak ukur kemampuan tolak panas kaca film adalah berdasarkan infrared rejection atau total solar energy rejection. Ultraviolet rejection merupakan tolak ukur untuk mengukur kemampuan penolakan radiasi ultraviolet bukan panas. Perlu diketahui, panas bersumber dari radiasi inframerah.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back