Katarak Bisa Dicegah Kaca Film

Sebagai Pengendara, terpapar sinar matahari dalam intensitas yang lama merupakan hal biasa. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut dapat menyebabkan katarak? Dan benarkah katarak bisa dicegah kaca film?

Indonesia adalah negara tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Itulah penyebab radiasi sinar ultraviolet (UV) pada siang hari cukup tinggi dan paparannya dapat berpotensi menjadi pemicu katarak. Namun, bagi pecinta otomotif tidak perlu khawatir karena katarak bisa dicegah kaca film.

Ketua Servis Oftalmologi Pedriatik dan Strabismus, Dr. Ni Retno Setyoningrum, SpM(K), MMedEdu menguraikan, berdasarkan data survei indera penglihatan dan pendengaran pada tahun 1993 – 1996, angka kebutaan di Indonesia mencapai 1,5 persen atau yang tertinggi dibanding negara Asia Tenggara lain dan lebih dari separuh angka kebutaan tersebut disebabkan oleh katarak.

“Kondisi Indonesia sebagai negara tropis dengan paparan sinar ultraviolet yang tinggi menjadi faktor utama pemicu katarak selain faktor degeneratif,” jelasnya.

Menurut Ni Retno, untuk mencegah terjadinya katarak pada mata maka masyarakat Indonesia harus menghindari paparan langsung sinar matahari pada mata dalam intensitas yang lama. Dalam kasus ini, bagi kita selaku pengendara yang umumnya mendapatkan paparan sinar matahari dalam intensitas waktu yang lama sewaktu berkendara, sebaiknya memasangkan kaca film pada seluruh area kaca mobil karena katarak bisa dicegah kaca film.

Katarak juga dapat disebabkan karena faktor keturunan, cacat bawaan, diabetes, dan trauma akibat kecelakaan yang mengenai sekitar mata serta pola makan tidak sehat dan kurangnya asupan vitamin.

Ni Retno menyatakan bahwa katarak juga dapat terjadi pada anak. Penyebabnya beraneka ragam. Di antaranya karena keturunan, infeksi selama masa kehamilan, kelainan sistemik pada usia dini atau idiopatik (tidak diketahui penyebabnya).

Oleh karena itu diperlukan peningkatan kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap penyakit ini dan dihimbau untuk melakukan pemeriksaan mata anak sedini mungkin. Atau dengan cara sederhana dengan memasangkan kaca film pada mobil kesayangan Anda, karena sekali lagi katarak bisa dicegah kaca film.

Salah satu brand kaca film yang direkomendasikan untuk pencegahan katarak atau dampak buruk lain yang dihasilkan oleh radiasi matahari adalah Maxpro Window Films. Kaca Film Maxpro merupakan brand kaca film internasional dari Amerika dengan kemampuan penolak sinar ultraviolet hingga 99%. Tidak hanya itu, radiasi lain dari sinar matahari seperti inframerah pun mampu ditolak hingga 97%.

Baca juga: Bahaya Inframerah Mampu Dihalau Kaca Film

Baca juga: Manfaat Dari Kaca Film Yang Perlu Anda Ketahui

 

Sumber: icebergwindowfilms.com

Go Back