memasang kaca film rumah sendiri

Umumnya, banyak dealer yang sudah menyertakan jasa pemasangan ketika kita hendak membeli sebuah produk kaca film baik untuk kepentingan mobil ataupun bangunan. Namun, jika Anda merasa penasaran dan ingin mencoba memasang kaca film rumah sendiri, Anda bisa mencoba metode berikut ini:

Yang paling penting dan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu jika Anda berencana memasang kaca film rumah sendiri adalah alat dan bahannya. Setelah semua tersedia, Anda bisa menjalankan tahapan-tahapan berikut ini:

  1. Ukur bidang kaca pada jendela atau pintu yang ingin dilapisi dengan kaca film terlebih dahulu. Kemudian potonglah dengan menggunakan cutter yang dibantu penggunaan penggaris agar hasil pemotongan bisa lurus. Memotong menggunakan gunting tidak direkomendasikan karena rawan melenceng.
  2. Bersihkan bidang kaca yang akan dilapisi dengan cairan pembersih kemudian keringkan hingga benar-benar kering. Anda bisa menggunakan cutter untuk mengatasi noda yang membandel. Khusus pada bagian ujung yang sulit dijangkau, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.
  3. Larutkan shampoo bayi dengan kandungan kimia yang tidak terlalu besar ke dalam botol spray dengan perbandingan 1:5.
  4. Lepaskan stiker kaca atau film secara perlahan dari ujung sambil menyemprotkan larutan shampoo tersebut. Semprotkan pada bagian yang berperekat.
  5. Semprotkan juga larutan shampoo tersebut pada permukaan kaca yang akan dilapisi. Hal ini bertujuan agar kaca film tidak langsung menempel, tapi masih bisa diatur hingga posisinya benar-benar pas atau sesuai keinginan.
  6. Tempelkan kaca film secara perlahan. Jangan terburu-buru dan pastikan sesuai dengan posisi yang diinginkan.
  7. Lapisi stepper dengan beberapa lembar kain bertekstur lembut untuk menekan kaca film. Hal ini dimaksudkan agar tidak menimbulkan gelembung atau kerutan. Utamakan bagian tengah terlebih dahulu baru kemudian diteruskan hingga bagian tepi.
  8. Setelah kaca film menempel dengan sempurna. Bersihkan sisa-sisa sabun yang masih menempel dengan kain lap bersih.
  9. Potong kelebihan bahan pada bagian tepi dengan cutter dan penggaris.

Demikianlah tips-tips jika Anda berencana memasang kaca film rumah sendiri, semoga bisa bermanfaat!

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back