mitos seputar kaca film gelap

Masyarakat awam umumnya hanya mengerti sedikit sekali pengetahuan seputar kaca film. Umumnya, masyarakat hanya memasang kaca film dengan tujuan menggelapkan atau memberikan privasi pada kabinnya. Namun, apa yang Anda ketahui tentang mitos seputar kaca film gelap?

Kaca film bisa dikatakan sebagai aksesoris favorit bagi para pecinta otomotif karena saat ini sepertinya hampir setiap mobil menggunakan kaca film. Kaca film sangat diminati karena selain mampu memberikan privasi, kaca film juga dapat menolak panas hingga memberikan keamanan atau perlindungan dari pecahan-pecahan kaca. Namun, ada salah kaprah yang menyebar di masyarakat saat ini. Masih banyak anggapan bahwa semakin gelap kaca filmnya maka semakin bagus pula kemampuan tolak panasnya.

Asumsi tersebut hanyalah mitos seputar kaca film gelap yang beredar semata. Karena sebenarnya kegelapan suatu kaca film hanyalah mewakili warna saja. Justru dengan menggunakan kaca film yang terlalu gelap malah akan menyerap panas bukannya menolak panas. Idealnya kaca film yang baik dapat menurunkan suhu dua hingga tiga derajat celcius.

Tingkat kegelapan yang dihasilkan oleh kaca film sangat bervariasi. Umumnya, variasi tingkat kegelapan kaca film yang beredar saat ini dimulai dari dua puluh hingga delapan puluh persen.

BACA JUGA: JASA PASANG KACA FILM PROFESIONAL DAN TIPS MEMILIHNYA

BACA JUGA: PEMASANGAN KACA FILM BISA DILAKUKAN SENDIRI, INI CARANYA!

Namun, sebelum memutuskan untuk memasang kaca film gelap pada bidang kaca Anda, sebaiknya pahami dulu kebutuhan dan aturan-aturannya. Idealnya, kaca film dengan tingkat kegelapan diatas empat puluh persen, akan sangat efektif jika diaplikasikan pada bangunan atau sisi samping belakang pada mobil. Hindari pemasangan kaca film dengan tingkat kegelapan diatas empat puluh persen untuk kaca bagian depan mobil karena bisa sangat berbahaya pada saat malam hari atau cuaca gelap. Intinya, jangan sampai menghalangi pandangan pengemudi. Khusus kaca depan sebaiknya gunakan tingkat kegelapan maksimal di angka empat puluh persen sesuai dengan aturan pemerintah.

Jangan sampai terkecoh dengan mitos seputar kaca film gelap ini, ya!

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back