Mobil Berbau Hati-hati Kerusakan Pada Mobil

mobil rusak - kaca film maxpro

Tahukan kamu, Ciri-ciri mobil berbau merupakan tanda terjadinya kerusakan pada mobil? Jika aroma ini pernah tercium, segera lakukan perbaikan.

Agar mobil dalam kondisi prima dan bisa menghasilkan performa sebagaimana fungsinya tentu harus dilakukan perawatan secara rutin. Sebagai pemilik sudah seharusnya Anda lebih peduli terhadap kerusakan yang terjadi pada mobil salah satunya dengan mengetahui tanda-tanda mobil berbau.

Tujuannya, jika terjadi sesuatu Anda bisa memperkirakan apa yang bermasalah dan segera membawa ke bengkel untuk perbaikan.

mobil rusak - kaca film maxpro

 

Berikut tanda-tanda mobil berbau beserta penyebabnya :

1. Kabin Bocor

Jika terdapat aroma mobil yang lembab menandakan bahwa kabin bocor. Cek kembali bau tersebut jika Anda yakin tidak ada minuman tumpah, berarti penyebabnya adalah adanya air masuk ke dalam kabin misal saat mencuci atau saat hujan dan akibatnya bakteri dan jamur akan tumbuh subur. Periksalah karet pintu dan jendela untuk mendeteksi ada tidaknya kebocoran.

2. Bau Karet Terbakar

Hal ini menunjukkan adanya gangguan pada tali kipas atau letak selang yang tidak proporsional sebaiknya jangan lakukan pengecekan saat kondisi mesin mengalami panas.

3. Bau Oli Panas

Mobil berbau seperti ini menunjukkan adanya kebocoran pada sistem pembuangan. Untuk memastikan kondisi tersebut, periksa rea di sekitar mesin yang biasanya menimbulkan asap.

4. Bau bensin

Jika mobil berbau bensin yang menyengat hal ini menunjukkan adanya kebocoran pada fuel injector atau kebocoran pada tangki bensin. Waspadai jika tercium bau bensin karena berpotensi menimbulkan kebakaran.

5. Bau Sirup

Jika mobil berbau seperti cairan sirup sebaiknya Anda bergegas untuk memeriksa komponen pada mobil karena bau ini menunjukkan adanya kebocoran pada sistem pendingin mesin. Jangan membuka tutup radiator ketika dalam keadaan panas.

6. Bau Karpet

Mobil berbau karpet seperti ini menunjukkan adanya kerusakan pada sistem rem. Bau ini tetap tercium saat mobil dikendarai. Kerusakan pada sistem rem sangat berpengaruh terhadap keamanan berkendara.

Go Back