cara parkir mobil

Keamanan dalam berkendara merupakan hal yang penting termasuk pada saat memarkirkan kendaraan. Parkir aman di suatu tempat memerlukan ketelitian dan konsentrasi tinggi.

Tidak hanya itu saat berhenti dan memarkirkan kendaraan pengemudi juga harus memperhatikan keselamatan orang lain serta kendaraan yanga ada di sekitar. Parkir aman bagi pengemudi merupakan suatu hal yang wajib di lakukan dimanapun agar tidak menyebabkan kerugian bagi orang lain.

cara parkir mobil

Tapi tahukah kamu ada banyak kecelakaan di dunia ini yang disebabkan oleh kecelakaan saat hendak akan memarkirkan mobil, bahkan beberapa mengakibatkan kematian.

Perlu diketahui bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan pengemudi adalah memarkirkan kendaraan dengan posisi mobil yang membelakangi arah keluar atau sering disebut dengan parkir maju. Sebetulnya parkir maju memang lebih mudah dan cepat bila dibandingkan dengan parkir mundur, apalagi jika kita sedang terburu-buru dan tidak ingin berlama-lama memarkirkan kendaraan.

Sedangkan parkir mundur, yaitu mengarahkan moncong mobil ke jalan atau arah keluar terkesan lebih rumit dan butuh waktu. Belum lagi ada kekhawatiran bagian bokong mobil menabrak dinding atau benda apapun di parkiran tersebut.

Berikut Alasan Mengapa Harus Parkir Mundur :

1. Lebih Mudah

Parkir aman memang tidak semudah parkir maju saat masuk ke tempat parkir, tapi mobil modern sekarang banyak yang telah dilengkapi berbagai fitur parking assist seperti sensor dan kamera parkir. Jadi parkir mundur sekarang tidak sesulit dulu saat fitur-fitur itu belum ada.

2. Aman

Jika kita mundur saat parkir, maka saat keluar dari parkiran kita bisa langsung maju. Itu artinya kita punya visibilitas yang baik ke area yang mungkin sibuk oleh kendaraan lain dan pejalan kaki. Dengan demikian kita lebih bisa mengendalikan mobil dengan tepat dan terhindar dari tabrakan atau menabrak pejalan kaki.

3. Lebih Mudah Dilakukan Pada Saat Keadaan Darurat

Jika terjadi keadaan darurat parkir aman dengan cara ini begitu mudah, misalnya kita parkir di mall kemudian terjadi kebakaran atau huru-hara, dengan posisi mobil yang lebih mudah keluar dari tempat parkir kita lebih mudah keluar dari lokasi tersebut.

Source : Carusermagz.com

Go Back