pemasangan kaca film

Jangan tertipu dengan bentuknya yang simpel, pemasangan kaca film harus dilakukan secara teliti agar tidak menimbulkan cacat seperti timbulnya gelembung.

Namun perlu diketahui juga, Pemasangan kaca film memang sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan Anda mengetahui trik-triknya dan mengerjakannya dengan teliti dan cermat. Bahkan, alat dan bahan yang dibutuhkan pun tergolong cukup umum dan mudah ditemukan. Namun, bagi Anda yang masih awam atau belum berpengalaman sama sekali memang sebaiknya meminta bantuan teknisi atau ahlinya saja agar tidak timbul keraguan dan kaca film Anda dapat terpasang dengan sempurna.

BACA JUGA: KACA FILM BERKRITERIA BAIK TERGANTUNG KADAR GELAP?

BACA JUGA: MENGHEMAT ENERGI DENGAN BANTUAN KACA FILM

Namun, jika Anda tetap ingin mencobanya sendiri, Anda bisa mencoba tips dan trik sederhana berikut ini:

  1. Alat dan Bahan
    Pertama kali hal yang harus dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu. Alat dan bahan yang diperlukan cukup umum bagi Anda seperti kaca film, penggaris, gunting dan alat pemanas.
  2. Potong Kaca Film Sesuai Ukuran
    Potong kaca film yang telah disediakan sesuai ukuran bidang kaca yang ingin dilapisi. Anda juga dapat melakukan proses pengukuran dengan metode yang mudah seperti menempelkan kaca film pada bidang kaca tersebut, kemudian dipotong sesuai kebutuhan.
  3. Bersihkan Kaca
    Pastikan bidang kaca yang hendak Anda lapisi dengan kaca film berada dalam kondisi bersih dan kering, agar kaca film dapat menempel dengan mudah. Jika sebelumnya kaca dalam kondisi berdebu dan berminyak, bersihkan terlebih dahulu.
  4. Teknik Roll Up
    Caranya adalah dengan menggulung kaca film lalu tempel sedikit demi sedikit dari satu sisi ke sisi yang lain.
  5. Gunakan Hair Dryer
    Agar kaca film dapat menempel sempurna dan tidak menimbulkan gelembung, gunakan bantuan alat pemanas seperti hair dryer. Perhatikan juga tingkat panasnya agar permukaan kaca film tidak rusak.

Demikianlah tips dan trik pemasangan kaca film yang Anda bisa coba terapkan sendiri. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

Go Back