Risiko Memasang Kaca Film

Kaca film gelap memang hal yang umum digunakan. Namun, Anda juga harus mengetahui risiko memasang kaca film gelap jika diaplikasikan dengan sembarangan.

Saat ini, seiring masifnya penggunaan kaca film di mobil, hingga lebih banyak mobil yang menggunakan kaca film ketimbang tidak. Alasan paling umum adalah atas pertimbangan kenyamanan, keselamatan, privasi atau gaya.

Produsen kaca film yang beragam, membuat rentang produk dan harganya juga berbeda-beda. Kaca film hadir dengan berbagai pilihan warna, teknologi dan tentunya harga.

Dari sekian banyak jenis, kaca film gelap adalah salah satu yang paling difavoritkan. Kaca film gelap menjadi pilihan utama 3-4 tahun belakangan. Selain untuk pertimbangan privasi, kaca film jenis ini juga cocok dengan tren warna mobil saat ini.

Masalahnya, banyak pemilik mobil yang tidak mempedulikan risiko memasang kaca film gelap sehingga diaplikasikan secara asal. Maksudnya, hanya sekedar mementingkan kegelapan namun tidak memperhatikan aspek keselamatan ketika berkendara, sehingga penggunaannya malah mengundang bahaya bagi diri sendiri dan juga pengguna jalan lain.

Berdasarkan pertimbangan atau faktor ekonomis, tak sedikit dari pemilik mobil yang memilih kaca film gelap secara asal. Banyak anggapan jika semakin gelap akan semakin terlihat keren, misalnya mencapai 80 persen.

Baca juga: Perbedaan Antara Kaca Film Gedung Dan Mobil

Baca juga: Sunroof Mobil Dilapisi Kaca Film, Perlukah?

Yang terpenting hanya terlihat gelap dari luar, tak peduli jika dari dalam juga terlihat gelap. Inilah yang bisa menjadi risiko memasang kaca film gelap karena akan mengundang bahaya. Jika terlihat gelap dari dalam, maka sama artinya dengan mengurangi visibilitas atau pandangan. Saat malam hari atau kondisi gelap, pandangan akan sangat terbatas. Risiko ini semakin besar jika diaplikasikan tidak sesuai tempatnya seperti pada kaca depan dan samping pengemudi.

Tidak hanya itu, penggunaan kaca film gelap tak berkualitas juga dapat menyebabkan risiko memasang kaca film gelap yang lain seperti sulit mengidentifikasi jarak, lampu kendaraan lain yang terlihat redup dan tak sempurnanya membaca obyek di depan. Bahkan sinar lampu mobil sendiri pun akan tampak redup.

Menggunakan kaca film gelap hingga 80% untuk kaca samping belakang mungkin tidak menjadi masalah. Namun, untuk kaca depan, sebaiknya maksimal 40%. Lebih dari itu sudah tidak aman lagi karena akan mengurangi visibilitas Anda.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Maxpro Window Films tersedia dengan tingkat kegelapan yang beragam yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda, tentunya tanpa mengurangi kualitasnya.

 

Sumber: icebergwindowfilms.com

Go Back