Sinar Biru

Pada artikel sebelumnya, Apa itu Blue Light Effect dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan, saya telah memaparkan bahaya sinar biru bagi kesehatan.

Untuk teman-teman yang belum membaca, secara singkat beberapa penelitian, termasuk yang dilakukan oleh Harvard University, telah mengungkap bahwa sinar biru menekan sekresi melatonin, sehingga mengganggu irama sirkadian tubuh, bahkan pada kasus yang parah dapat memicu kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Sangat disarankan bagi kita untuk mengurangi ‘asupan’ sinar biru ketika menjelang malam. Namun di era digital seperti ini, bagaimana kita dapat melakukan hal tersebut? Cara Menghindari Bahaya Blue Light antara lain:

1. Gunakan perangkat teknologi yang mendukung sinar biru lebih minimal

Jika kamu memang (tak dapat dihindari) harus bekerja hingga malam hari, alangkah baiknya jika menggunakan perangkat teknologi yang mendukung kinerja kamu. Beberapa layar monitor modern, memiliki fitur Reader, yang dapat mengurangi radiasi sinar biru dengan memperkecilnya. Efeknya, warna monitor kamu akan terasa lebih warm, atau kemerahan, namun ini justru menjadikan kamu lebih nyaman menatapnya waktu malam.

2. Gunakan Software Filter Sinar Biru di PC atau Laptop kamu

Terdapat beberapa software yang setelah diinstal akan aktif secara otomatis dan memfilter sinar biru yang dipancarkan oleh monitor. Efeknya sama dengan fitur Reader pada monitor seperti yang saya ungkap tadi, yaitu mengubah warna menjadi lebih warm. Di antara software tersebut, salah satu yang paling populer adalah Flux.

Flux akan mendeteksi posisi kamu, dan berdasarkan gambaran lokasi, dia akan memperkirakan zona waktu kamu, kemudian secara otomatis mengubah tampilan monitor menjadi lebih warm dan menyaring sinar biru yang dipancarkan pada waktu yang diperkirakan matahari mulai terbenam dan hari mulai malam. Praktis sekali bukan? Flux juga tersedia untuk MacOS dan Linux.

3. Pasang aplikasi khusus di smartphone atau tablet kamu, atau ubah warnanya menjadi lebih warm secara manual ketika hari menjelang malam

Android dan iOS memiliki beberapa aplikasi yang dapat secara otomatis mengubah layar ponsel menjadi lebih warm, menyaring pancaran sinar biru dan menjadikan perangkat kamu lebih sehat untuk digunakan pada malam hari. Bahkan iPhone 5S ke atas memiliki fitur night shift yang dapat mengubah warna layar iPhone menjadi lebih warm secara otomatis. Sayangnya aplikasi semacam itu belum ada di Windows Phone / Windows Mobile. Namun jangan khawatir, kamu masih tetap dapat melakukannya secara manual!

4. Gunakan Maxpro Window Films di mobil maupun hunian kamu

Maxpro seri Eyecare diciptakan untuk kenyamanan pandangan dalam berkendara, baik pada malam hari maupun siang hari. Eyecare adalah kaca film nano ceramic yang menawarkan tingkat penolakan infra merah ( IRR ) hingga 97%, serta tolak sinar UV hingga 99%. Tekonologi unggulan yang terdapat pada kaca film Eyecare ini adalah Advance Blue-Light Reduction Filters.

5. Tips Lain-Lain

Untuk menjaga kesehatan, upayakan untuk menghindari layar terlalu terang, dua atau tiga jam sebelum tidur. Jika bekerja sulit dihindari pada malam hari, kamu bisa mencari kacamata khusus yang memiliki filter sinar biru untuk digunakan saat bekerja di malam hari demi kesehatan kamu.

Punya tips tambahan untuk menghindari blue light effect atau efek sinar biru? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar!

Baca juga: Risiko Memasang Kaca Film Gelap Pada Mobil

Baca juga: Perbedaan Antara Kaca Film Gedung Dan Mobil

 

Sumber: winpoin.com

Go Back