suv hujan - kaca film maxpro

Musim hujan seperti sekarang ini masyarakat lebih memilih menggunakan mobil, mobil yang di pilih masyarakat saat ini adalah jenis SUV yang menjadi primadona.

 

suv hujan - kaca film maxpro

Musim hujan melanda sejumlah kawasan di Indonesia, masuknya musim penghujan yang dimulai bulan Desember sampai dengan Maret kali ini tentunya mengancam terjadinya banjir dan genangan air di sejumlah ruas jalan raya. Tentu saja hal ini menjadi perhatian untuk para pengemudi kendaraan khususnya dalam mengendarai mobil. Jika mobil yang Anda gunakan adalah jenis mobil SUV tentunya hal ini bukan masalah apa-apa.

SUV merupakan singkatan dari Sport Vehicle Utility mobil jenis ini bisa Anda temui pada mobil Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V maupun Toyota Terios. Namun jika model sedan atau apapun yang ground clearance-nya rendah, maka sebaiknya jangan asal menerabas genangan air di jalan. Tapi bukan berarti mobil jenis SUV bisa asal terabas genangan air di jalan raya ya.

Seperti yang di ungkapkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia yang mangajurkan sebaiknya jika terdapat genangan air yang cukup tinggi lebih baik mencari jalan lain. Namun jika tidak ada jalan lain, maka Anda harus memastikan filter udara tidak kemasukan air yang diakibatkan oleh gelombang atau riak air.

Karena jika sampai filter udara terendam maka bisa menyebabkan water hammer, yaitu kondisi dimana air masuk ke dalam ruang pembakaran dan tentunya bisa merusak mesin. Jika sudah demikian, kerugian besar mengintai mobil Anda dan bersiaplah untuk merogoh kocek yaang lumayan untuk memperbaikinya.

Selain itu, pastikan Anda mengendarai laju kendaraan dengan kecepatan rendah dan gunakan gigi rendah baik pada transmisi manual maupun otomatik saat menerabas banjir. Hindari juga posisi setengah kopling ataupun mengocok gas ketika berada dalam genangan karena berpotensi menimbulkan gelombang atau riak air.

Jika berhasil melewati genangan air tersebut, segera periksa kondisi rem apakah tetap optimal dengan metode sederhana. Jalankan mobil dengan kecepatan rendah, sekitar 5 km/jam, injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisinya prima.

Go Back