Tiga Alasan Untuk Mengganti Kaca Film

Penggunaan kaca film pada mobil bukan hanya sekedar untuk meningkatkan penampilan. Namun juga memiliki beragam fungsi seperti menahan serpihan pecahan kaca apabila terjadi kecelakaan, hingga melindungi dari paparan radiasi sinar matahari. Pada artikel ini akan dijelaskan tiga alasan untuk mengganti kaca film mobil.

Pada dasarnya, ada tiga alasan untuk mengganti kaca film mobil versi Fastnlow.net. Bukan hanya sekedar membuat lebih gelap semata karena kaca film juga memiliki unsur Infrared (IR) Rejection dan Ultraviolet Rejection yang harus dipertimbangkan. IR Rejection berfungsi sebagai penolak panas, sementara UV Rejection berfungsi mengurangi dampak negatif bagi kesehatan kulit dan mata.

Baca juga: Risiko Memasang Kaca Film Gelap Pada Mobil

Baca juga: Perbedaan Antara Kaca Film Gedung Dan Mobil

1. Usia Pemakaian

Meski banyak produsen kaca film yang memberikan garansi hingga lima tahun, sebaiknya Anda perhatikan atau minimal menanyakan ‘kapan terakhir mengganti kaca film?’ khusus bagi Anda yang berniat membeli mobil bekas. Namun khusus untuk mobil bekas, direkomendasikan untuk langsung melakukan penggantian kaca film. Mobil yang terlalu lama terjemur Matahari secara langsung juga dapat mengurangi usia pemakaian. Udara panas yang terjebak dalam kabin bisa menimbulkan efek secara tidak langsung terhadap kaca film.

2. Pandangan Terbatas

Hal ini terkadang disebabkan oleh jamur yang sudah menumpuk atau goresan yang berakibat pandangan menjadi terbatas atau kurang jelas. Atau bisa juga disebabkan kaca film yang terlalu gelap. Memang dengan tingkat kegelapan 60%-80% akan nyaman digunakan pada siang hari. Namun pada saat malam hari, pandangan menjadi terbatas yang bisa berakibat fatal dan berbahaya bagi pengendara. Begitu pula jika persentase tingkat kegelapan kaca film yang terlalu rendah, akan membuat mata mudah letih ketika berkendara di siang hari yang terik.

3. Bentuk Fisik berubah

Tiga alasan untuk mengganti kaca film mobil yang terakhir adalah terjadinya perubahan bentuk fisik dari kaca mobil seperti penurunan warna. Jika sebelumnya cukup gelap, namun karena sudah mulai memudar, bagian kabin jadi terlihat jelas dari luar. Selain itu, timbulnya gelembung udara menjadi tanda daya rekatnya sudah mulai hilang.

Demikianlah ulasan mengenai tiga alasan untuk mengganti kaca film pada mobil kesayangan anda yang dapat kami ulas. Perlu diingat, Intuisi Anda dalam berkendara tetap kunci dalam penentuannya.

Jika Anda berminat mengganti kaca film lama Anda, Maxpro Window Films merupakan produk yang kami rekomendasikan. Maxpro merupakan brand kaca film internasional yang dibuat di North Carolina, Amerika Serikat yang dikembangkan oleh insinyur-insinyur yang berpengalaman, dengan teknologi yang tidak dimiliki oleh produk kaca film lain, yaitu Advanced HEV-Light Filters yang mampu menangkal sinar biru yang membahayakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Sumber: fastnlow.net

Go Back